Sabtu, 30 November 2013

PEMILIHAN LOKASI PERUSAHAAN



NAMA   : ROSSY RIZKY FADLY
KELAS   : 1EB22
NPM       : 28213104


I.        Pendahuluan
             Tujuan saya menulis karya tulis ini adalah menjelaskan berbgai alasan pemilihan letak perusahaan dan menguraikan jenis-jenis letak perusahaan.

II.     Pentingnya lokasi perusahaan
             Lokasi perusahaan pada daerah yang strategis akan sangat menguntung bagi perusahaan kerena dengan lokasi yang strategis tersebut, perusahaan akan terbantu untuk melakukan kreativitasnya sehari-hari.
             Terdapat beberapa kecendrungan dalam pemilihan lokasi badan usaha maupun perusahaan. Kecenderungan tersebut antara lain :
1.     Pemilihan lokasi di luar kota, di pinggiran kota atau di kota yang lebih kecil. Beberapa keuntungan-keuntungan tersebut diantara lain adalah sebagai berikut :
a.   Jaminan adanya fasilitas-fasilitas umum yang tidak jauh dari kota
b.  Ketersediaan sumber daya manusia dengan berbagai keahlian
c.   Ketersediaan lahan untuk pengembangan
d.  Walaupun jarak jangkau agak jauh tetapi tidak terhalang oleh kemacetan lalu lintas seperti yang biasa terjadi di tengah kota
e.   Lingkungan perusahaan dapat ditata secara lebih indah sehingga dapat tercipta suasana kerja lebih nyaman
2.     Pemilihan pada lokasi tertentu yang dirasakan sangat menguntungkan
Kecendrungan yang kedua ini adalah terjadinya aglomerasi, yaitu memusatnya perusahaan-perusahaan di suatu tempat karena adanya faktor-faktor yang menguntungkan.
3.     Kecendrungan ketiga adalah adanya deglomerasi
Deglomerasi dalam hal ini merupakan suatu kondisi yang menunjukkan adanya pemencaran lokasi perusahaan-perusahaan yang disebabkan karena faktor-faktor yang merugikan.
4.     Kecendrungan keempat adalah pemilihan lokasi yang terikat oleh rencana pengembangan kota (city planning) atau pengembangan wilayah.
         Kawasan berikat adalah suatu bangunan, tempat atau kawasan dengan batas-batas tertentu yang didalamnya dilakukan kegiatan usaha industri pengolahan barang dan bahan, kegiatan rancang bangun, dan pengepakan atas barang dan bahan asal impor atau barang dan bahan dari dalam daerah pabean indonesia lainnya (DPIL), yang hasilnya terutama untuk tujuan ekspor.
5.     Kecendrungan kelima adalah pemilihan lokasi yang terikat pada kemungkinan pengelolaan limbah atau pengendalian polusi yang akan terjadi oleh perusahaan yang akan didirikan.
Suatu badan usaha terikat untuk memilih lokasi tertentu untuk perusahaannya atas pertimbangan untuk dapat mengolah limbah atau mengindahkan polusi yang ditimbulkan perusahaannya secara memadai.

III.      Letak perusahaan
             Empat jenis letak perusahaan tersebut antara lain :
1)      Letak perusahaan yang terikat pada alam
2)      Letak perusahaan berdasarkan sejarah
3)      Letak perusahaan yang diterapkan oleh pemerintah
4)      Letak perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi

IV.      Penutup
             Pemilihan lokasi badan usaha dapat dikatakan lebih bebas dibanding dengan pemilihan lokasi untuk perusahaan. Untuk badan usaha –badan usaha besar cukup memilih lokasi di pusat perdagangan dan keuangan. Sedangkan untuk pemilihan lokasi perusahaan banyak faktor yang perlu di pertimbangkan.

V.          Daftar pustaka
      Solihin Ismail, 2006. Pengantar bisnis pengenalan praktik dan studi kasus, kencana, Jakarta.
      Winardi, 2003. Entreprenuer dan Entreprenuership. Kencana, Jakarta.
      Budiarta, Kustoro, 2010. Pengantar bisnis. Mitra Wacana Media, Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar