Jumat, 22 November 2013

Tugas Pengantar Bisnis minggu ke 6





NAMA:           1.ROSSY RIZKY FADLY (28213104)
                 2.DIMITRI DEANNAZ PERDANI (22213533)
                    3.FIRDINA FILDZA ANDINI (23213502)

KELAS: 1EB22



TUGAS  MINGGU 6. 

  1. JELASKAN  PERBEDAAN PASAR  DENGAN  PEMASARAN
·         Pasar adalah hubungan keseluruhan dari permintaan dengan penawaran terhadap barang atau jasa . Dilihat dari hubungan antar pembeli dan penjual.
·         Pemasaran adalah suatu system menyeluruh dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.

  1. BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS PASAR INDUSTRI
*PASAR PENJUAL

Contoh jenis pasar industri :
a) Pabrik benang,
b) Pengusaha Mebel,
c) Pengusaha Alat-alat Rumah Tangga,
d) Pengusaha kapas,
e) Pabrik pensil.
 Contoh jenis pasar penjual :
a) Buka Grosir Buah murah, lalu jual ke pedagang eceran.
b) Beli Kepiting Bakau dari pengepul, lalu jual ke eksportir.
c) Membeli ban di pabrik ban mobil, lalu dijual di bengkel.
d) Membeli mobil kemudian di sewakan ke konsumen.
e) Membeli sambel pecel di produsennya, kemudian dijual dipasar-pasar.

     3.    JELASKAN dgn 1 CONTOH  BARANG /JASA UNIVERSAL BAGAIMANA 
            MEMASARKANNYA  ( BERDASARKAN 4 P )
Setiap usaha yang pasti menggunakan konsep pemasaran 4P, yaitu product, price, place, promotion untuk menjalankan usahanya. Sebagai contoh toko online yang banyak kita kunjungi di berbagai situs website maupun sosial media seperti facebook, twitter, blacberry messenger, dan lain sebagainya. Mereka telah menggunakan konsep pemasaran 4P tersebut. Sebagai contoh toko online adalah http://www.sisterboutiqueonlinestore.com/. Diawal kita membuka alamat web tersebut, kita telah disuguhkan tampilan awal yang manarik. Dari tampilan awal wirausahawan telah menggunakan konsep pemasaran tersebut seperti product, price, promotion. Dari tampilan pertama kali kita membukanya kita sudah bisa melihat bawah online shop tersebut dapat mempermudah kita dalam hal belanja dan memuat tampilan menarik supaya kita lebih tertarik lagi untuk berbelanja di online shop tersebut. Online shop ini juga menyediaakan barang-barang yang bagus,uptodate, dan dengan harga terjangkau pastinya. Online shop ini ini menawarkan berbagai diskon dan promo-promo yang mereka miliki sehingga pelanggan semangkin tertarik untuk berbelanja din online shop tersebut. Mereka juga menyediakan pembayaran atau pemesanan dengan cara yang mudah, seperti bisa transfer ataupun COD.
    
     4.    SEBUT DAN JELASKAN  4 VARIABEL  BAURAN PROMOSI
1. Produk (product) : suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak  dapat diraba, termasuk bungkus, warna, harga, prestise perusahaan dan pengecer, pelayanan perusahaan dan pengecer, yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan/kebutuhan.
2. Struktur harga (price) : sejumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.
3. Tempat (place)
    Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
4. Kegiatan promosi (promotion) : arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

     5.    SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF  SISTEM  PEMASARAN
Alternative sistem pemasaran ada 4, yaitu :
1. Memaksimalkan konsumsi
Kegiatan – kegiatan pemasaran yang telah dijalankan seharusnya dapat merangsang terjasdinya konsumsi maksimal yang pada gilirannya akan menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimal bagi masyarakat.
2. Memaksimalkan kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen sulit untuk diukur. Pertama, karena belum adanya tolak ukur kepuasan konsumen terhadap suatu produk atau aktivitas pemasaran. Kedua, terkadang kepuasan yang diperoleh diikuti oleh kondisi lingkungan yang kurang menyenangkan. Ketiga, kepuasan sewaktu mengkonsumsi produk tertentu sangat relative.
3. Memksimalkan pilihan
Sistem ini memungkinkan konsumen untuk menemukan produk dengan tepat yang dapat memuaskan selera dan gaya hidup mereka, tetapi sebagai kopensasinya adalah peningkatan biaya.

4. Memaksimalkan kualitas hidup
Sistem pemasaran dipercaya dapat meningkatkan taraf hidup melalui kualitas, kuantiatas, ketersediaan, dan harga barang serta jasa, kualitas lingkungan fisik, maupun kualitas lingkungan budaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar