Minggu, 17 November 2013

tugas pengantar bisnis minggu ke 4





NAMA: 1.ROSSY RIZKY FADLY (28213104)
              2.DIMITRI DEANNAZ PERDANI (22213533)
              3.FIRDINA FILDZA ANDINI (23213502)
KELAS: 1EB22






1. Sebutkan perbedaan wiraswasta dan wiraswastawan serta unsur apa yang dimiliki wiraswasta !
             Wiraswasta adalah bidang usaha atau perusahaan yang di bangun oleh seseorang dengan kepribadian tertentu (wiraswastawan/entrepreneur) sebagai alternatif penyediaan lapangan kerja, minimal bagi si pemilik modal itu.
Wiraswastawan menunjuk kepada pribadi tertentu yang secara kualitatif lebih dari kebanyakan manusia pada umumnya, yaitu pribadi yang memiliki kemampuan untuk berdiri di atas kekuatan sendiri, mengambil keputusan untuk diri sendiri, menetapkan tujuan atas dasar pertimbangannya sendiri, mengambil resiko, tegas, memperhatikan lingkungan sosial untuk mencapai taraf hidup yang lebih baik bagi semua orang.
Dalam wiraswasta ada beberapa unsur penting yang satu sama lainnya saling terkait. Unsur-unsur tersebut adalah :
v Unsur pengetahuan mencirikan tingkat penalaran yang dimiliki seseorang. Pada umumnya unsur pengetahuan banyak ditentukan oleh tingkat pendidikan orang bersangkutan
v Unsur keterampilan pada umumnya di peroleh melalui latihan dan pengalaman kerja nyata. Wiraswastawan yang dilengkapi keterampilan tinggi akan mempunyai keberhasilan yang lebih tinggi
v Unsur kewaspadaan merupakan paduan unsur pengetahuan dan sikap mental dalam menghadapi keadaan yang akan datang. Kewaspadaan berkaitan dengan pemikiran atau rencana tindakan untuk menghadapi sesuatu yang mungkin terjadi atau diduga yang akan dialami. Perusahaan kecil dalam lingkungan perusahaan
2.      Bagaimana perkembangan franchising di Indonesia?
Jawab ;
Perkembangan usaha wiralaba(franchising) di Indonesia saat ini dan di masa dating mempunyai prospek yang baik dan semakin pesat kemajuannya, karena dapat memberikan manfaat bagi franchisor dan franchiseenya maupu bagi konsumen (mendapatkan jaminan produk yang bermutu) menyediakan kesempatan berusaha dan lapangan kerja baru bagi angkatan kerja Indonesia. Disamping itu usaha waralaba dapat pula memperluas sarana dan akses pasar bagi produk-produk dan jasa Indonesia.
Dari waktu ke waktu terjadi peningkatan jumlah usaha waralaba dengan lisensi asing di Indonesia,karena usaha waralaba dengan lisensi asingtelah lama di kenal dengan tingkat sukses 90%,sehingga di nilai dapat memberikan manfaaat-manfaat positif seperti,perolehan laba yang lebih besar daripada usaha dagang biasa,mempercepat alih teknologi,memperbesar peluang usaha,dan pemperluas kesempatan kerja.
Pengembangan usaha menggunakan sistem waralaba dapat mendorong berkembangnya spesialisasi dan modernisasi usaha tradisional,menumbuhkan kreativitas dalam mengembangkan inovasi berusaha,sehingga pada gilirannya akan membuka akses pasar yang lebih luas bagi produksi barang dan jasa Indonesia,dan dapat meningkatkan efisiensi usaha,distribusi,serta nilai tambah dalam aktivitas produksi nasional.
Bidang usaha atau jenis usaha yang dapat di waralaba kan akan mencakup bidang yang luas,baik barang maupun jasa. Bidang-bidang usaha atau jenis usaha yang potensial di kembangkan dengan sistem waralaba.

3.      Beri 5 contoh riil usaha franchising yang bergerak di bidang:
Ø PENDIDIKAN
1.     LP3I
2.     LP31 PRIMAGAMA
3.     ILP
4.     BIMBA AIUEO
5.     JARI ARITMATIKA
Ø KESEHATAN
1.     APOTIK K24
2.     APOTIK CENTURY
3.     CELEBRITY FITNES
4.     CANDY SKINCARE
5.     THE BODY SHOP
Ø SALON&PERAWATAN
1.     SYAFIRA SALON
2.     DELLA SALON&SPA
3.     MUSLIMAH SALON
4.     THALITA SKINCARE&BODY  SPA
5.     JHONY ANDREA SALON&SKIN CARE
Ø MAKANAN DALAM NEGRI/LOKAL
1.     PIZZA HUT
2.     HOKAHOKA BENTO
3.     AYAM LEPAS
4.     BUMBU DESA
5.     STEAK 21
Ø OTOMOTIF
1.     BENGKELYAMAHA
2.     MR.MONTIR
3.     PLANET BAN
4.     BENGKEL HONDA
5.     KING AUTO INTERIOR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar